Pentingnya Menggunakan Google Webmaster Tools Untuk SEO

google webmaster tools

Salah satu dari banyaknya Tool SEO yang ane gunakan, Google Webmaster Tools adalah salah satu yang paling berguna dan paling utama yang ane gunakan dalam menganalisa segala hal yang berkaitan dengan website moneysite yang sedang ane optimasi dengan menggunakan jasa backlinks berkualitas. Karena di dalam google webmaster tool ini kita bisa mendapatkan begitu banyak data yang berkaitan dengan kesehatan website kita,trafik,keyword bahkan hingga kondisi negative yang bisa membuat website kita terbuang dari posisi terhormat page 1 Google!

Tanpa ada maksud untuk menggurui,disini ane hanya ingin share beberapa pengalaman ane dalam mengelola beberapa website moneysite ane yang bisa merajai page 1 hanya dengan beberapa langkah sederhana menggunakan data yang ane dapatkan di tool spektakuler milik GOOGLE ini!

  • Apa itu Google Webmaster Tools ?

Jika langsung di terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, Google Webmaster Tools ini berarti Tool Untuk pemilik website yang di sediakan oleh GOOGLE. Artinya, tool ini emang google buat untuk para pemilik website yang tentunya akan membutuhkan begitu banyak data yang wajib di ketahui oleh pemilik website  apapun di seluruh dunia. Tool ini akan membantu kita melihat bagaimana cara Google mengamati website kita, yang tentunya akan memberikan nilai positif untuk kita selaku pemilik website dalam menganalisa secara lebih dalam mengenai apa yang harus dilakukan dalam merawat website kita dan apa yang seharusnya di hindari !

Semua data website Agan yang ada di dalam tool google webmaster ini sifatnya sangatlah PRIVATE, yang artinya hanya pemilik akses penuh seperti Agan dan Google saja yang bisa mengetahui kondisi website Agan secara detail, jadi Agan tak perlu kuatir data Agan akan terpublish kemana-mana jika Agan mendaftarkan website Agan di Google Webmaster ini.

Data Apa saja yang perlu kita ambil menggunakan Google Webmaster Tools?

google webmaster tools

Google Webmaster Tools

  • Bagaimana Cara Memulainya?

Untuk menggunakan Google Webmaster Tools,Pertama-tama Anda harus mendaftarkan diri anda terlebih dahulu, setelah mendaftar anda harus melalui proses verifikasi, sehingga Google tahu Anda adalah benar-benar pemilik dari situs yang ingin Anda gunakan di Google Webmaster Tools. Ada beberapa cara untuk verifikasi kepemilikkan. Yang pertama adalah dengan mendownload file HTML dan mengupload ke direktori root dari website anda. Yang kedua adalah dengan menambahkan tag HTML ke dalam halaman utama website Anda. Jika Anda menggunakan akun Google yang sama untuk Google Analytics, pilihan ketiga untuk memverifikasi kepemilikan adalah melalui Google Analytics. Ada banyak cara untuk memverifikasi kepemilikan tetapi jika Anda tertarik dengan salah satunya, periksa pengaturan webmaster Google anda, anda akan dapat melihat hasilnya disitu.

  • Google Webmaster Tools Verifikasi

Setelah memverifikasi kepemilikan Anda dan memiliki kode Google di tempat di situs Anda, Anda sekarang dapat mulai menikmati keuntungan dari Google Webmaster Tools. Ketika Anda login ke akun Google Webmaster Tools Anda, hal pertama yang Anda lihat adalah Dashboard: Dari sini Anda dapat mengakses semua bagian utama – Cari Queries, Link ke Situs Anda, Kesalahan Crawl, Kata Kunci, dan Peta Situs. Memilih salah satu ini akan membuka bagian masing-masing.

  • Queries

Pada bagian penelusuran kueri ini menunjukkan kata kunci yang menyebabkan pembaca mengunjungi website anda. Pada bagian Search Queries, Anda juga dapat melihat jumlah tayangan dan jumlah klik, yang memberikan Anda gambaran tentang CTR untuk kata kunci ini. Semua sama, RKPT yang lebih tinggi berarti kata kunci yang relevan, sehingga Anda mungkin ingin menggunakan kata kunci ini. Namun, jika Anda melihat bahwa sebagai hasil dari usaha Anda, CTR turun, yang terbaik adalah Anda tidak memakai kata kunci ini lagi.

  • Link

Bagian ini juga sangat berguna pada bagian Google Webmaster Tools yaitu adalah Tautan ke bagian dari situs anda. Di sini Anda dapat melihat di mana backlink Anda (internal dan eksternal) berasal dari, serta halaman yang terhubung ke website anda. Salah satu penggunaan lanjutan dari bagian Link adalah untuk menolak tautan ke situs Anda yang Anda anggap berbahaya. Link dari situs yang buruk dapat berbahaya pada peringkat website Anda, jadi anda harus menyeleksi setiap link yang berhubungan ke website anda.

Itulah beberapa yang dijelaskan tentang isi dari dashboard Google Webmaster. Anda dapat mempelajari lebih lanjut dengan membuka langsung aplkasi google webmaster. Jika anda tidak memahami bagaimana penggunaan Google Webmaster Tools dan kegunaannya, anda dapat berkonsultasi dengan Web Designer Profesional yang dapat menjawab setiap pertanyaan anda dengan jelas dan dapat membantu menggunakan aplikasi tersebut dengan optimal. “Google Webmaster Tool merupakan alat bantu, alangkah lebih baiknya anda berkonsultasi dengan bagian yang memang sudah paham mengenai SEO.”